Minggu, 25 Januari 2009

KAMPUNG KASEPUHAN CIPTA GELAR

Lokasi Kasepuhan Cipta Gelar

Secara administratif, Kampung Ciptagelar berada dusun Sukamulya Desa Sirna Resmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Suka Bumi. Jarak Kampung Lokasi Kampung Ciptagelar terletak 14 Km dari desa Sirnaresmi, 27 Km dari Kecamatan Cisolok dan 103 KM dari Kabupaten Sukabumi. Kampung Ciptagelar berada pada ;posisi Ordinat S0647’10,4’ pada saat ini kampung adat Ciptagelat dihuni oleh 293 orang yang terdiri dari 84 KK yakni 151 Laki-Laki dan 142 Perempuan.

Sejarah dan Perkembangan Kasepuhan
Adat : saadat sapamasudan, sapamangguh. Jelasnya dalam seadat itu seluruh warga harus bersatu, sapamasudan artinya seluruh warga harus mempunyai pemikiran yang sama dengan aturan yang ada. Sedangkan maksud dari sapamanggi adalah seluruh warga harus emmpunyai rasa tenggang rasa yang tinggi antara warga yang satu dengan yang lainnya. Kasepuhan artinya : lingkungan atau adat istiadat orang yang memegang aturan dari abah yang sedang memegang kepemerintahan. Gdenerasi kasepuhan selama 640 tahun antara lain :
1. Karuhun dari Cipatat Bogor
2. Karuhun dari Lebak Larang
3. Karuhun dari Lembah Binong
4. Karuhan dari Talaga
5. Karuhan dari Tegal Lumbuh
6. Karuhan dari Bojong
7. Karuhan dari Pasir Jinjing
8. Abah Arjo diCiptarasa
9. Abah Encup(Abah Anom) di Ciptagelar. Masa kepemimpinan dari 1982-2007
10. Abah Ugi di Ciptagelar. Masa kepemimpinan dari 2007 – sekarang


Dalam menjalankan kepemimpinan abah Ugi dibantu oleh 7 orang kepercayaannya antara lain :
1.Ki Karma yang bertugas mengatur, membersihkan dan memelihara ruangan khusus untuk abah ugi. Adapun perwakilan untuk kampung Ciptarasa adalah pa adi.
2.Mak Uwo yang bertugas memasak untuk warga inti Abah Ugi dan anak-anaknya.
3.Ki Radi yang bertugas mengatur kesenian pantun pada hari-hari besar adat seperti serentahun, ponggokan, masak beras pertama dan menanam padi pertama. Kesenian pantun biasa dilakukan dengan menggunakan kecapi.
4.Ki Rahman bertugas mengurus orang yang meninggal dari mulai memandikan sampai menguburkan mayat. Adapun perwakilan untuk dusun ciptarasa adalah pak Uman.
5.Ki Karsim yang bertugas mengurus orang yang sakit seperti para medis. Adapun perwakilan untuk dusun Ciptarasa adalah Pa Suman.
6.Ki Daul yang bertugas mengurus pertanian. Adapun perwakilan untuk cviptarasa adalah pa Aida
7.Ki Dwi yang bertugas sebagai utusan dari abah sebagai penyampai pesan. Misalnya jika terdapat masalah dalam internal kasepuhan maka Ki Juhi bertindak sebagai orang pertama yang mengatasi masalah tersebut. Namun jika belum juga terselesaikan maka baru abah Ugi baru turun tangan. Perwakilan untuk ciotarasa adalah pa Aat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar